DLH Luncurkan Program Sedekah Sampah

DLH Luncurkan Program Sedekah Sampah

BUTUH sinergitas mengelola sampah. Termasuk partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Berbagai upaya dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon dalam mengelola sampah. Inovasi terbaru, meluncurkan program sedekah sampah.

Wakil Walikota Cirebon Dra Hj Eti Herawati mengatakan, Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021 mengambil tema “Sampah Sebagai Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi”. Hal ini, selaras dengan upaya Pemerintah Daerah (Pemda) Kota cirebon melalui DLH. Dimana, secara masif dilakukan pembinaan RW, agar mengajak masyarakat mengurangi sampah.

Salah satu upaya yang dilakukan DLH, ucap Eti Herawati, meluncurkan program sedekah sampah dengan media keranjang sampah. “Ini kreatifitas dan inovasi dari DLH dalam upaya mewujudkan Cirebon Bersih,” ujarnya. Dengan kebersihan terjaga, berdampak signifikan pada peningkatan kesehatan masyarakat.      

Kepala DLH Kota Cirebon Kadini SSos menjelaskan, sampah gelas dan botol plastik menjadi obyek utama dalam program sedekah sampah. “Kami daur ulang. Manfaatnya kembali kepada masyarakat,” terangnya. Butuh ratusan tahun mengurai sampah plastik. Untuk itu, DLH mengajak ASN, swasta dan seluruh elemen masyarakat Kota Cirebon, menerapkan sedekah sampah di masing-masing tempat.

Berbagai upaya yang dilakukan, mendapatkan apresiasi dan prestasi. Yaitu, Kabupaten/Kota Peduli Lingkungan Hidup di Sekolah dari Gubernur Ridwal Kamil, Raksa Prasada Adiwiyata Tingkat Jawa Barat, dan Proklim Utama Tingkat Nasional yang diraih RW 01 Karanganyar Kesambi. Penghargaan tersebut, ucap Kadini, memotivasi untuk terus meningkatkan pengelolaan sampah dan lingkungan hidup di Kota Cirebon. (ysf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: